• Peradaban Amerika

  • Permulaan Islam

  • Peradaban Eropa

  • Peradaban Asia

  • Peradaban Afrika

  • Promo Pendaftaran Mahasiswa baru

Monday 10 October 2016

SEJARAH AQUASCAPE



Selamat sore sobat semua, di sore yang mendung ini kami baru bisa buka blog ini lagi karena kesibukan pekerjaan kami. Sambil ditemani segelas teh dan aquascape di meja samping kami ini.

Oh ya sobat semua ada yang punya aquascape ?........
Atau diantara sobat ada yang tahu sejarah aquascape ........

Baiklah sambil nunggu hujan turun kita akan bicara tentang sejarah aquascape.
Aquascape adalah seni menata atau mengatur tanaman di dalam air sehingga menjadi sebuah taman atau kebun air yang indah serta diperlengkap dengan hadirnya ikan –ikan yang cantik.

Sejarah perkembangan aquascape dimulai dari negeri para samurai yaitu negeri Jepang. Pada tahun 1990 seni aquascape diperkenalkan oleh Takashi Amano yang berasal dari Jepang. Takashi Amano adalah seorang pecinta aquarium. Beliau juga menjadi seorang aquascaper yang paling berpengaruh di dunia. Teknik aquascape Takashi Amano ini meniru sebuah pemandangan alam yang ada di Jepang dengan gaya susuna aimetris yang relatif. Teknik dan gaya aquascape seperti ini menjadi teknik yang paling disukai dan digunakan oleh para aquascaper yang lain. Beberapa spesies tanaman yang unik dan sesuai dengan karakteristiknya, batu serta kayu apung yang bagus dijadikan perpaduan yang menarik dan pemilihan yang tepat oleh Takashi Amano yang kemudian banyak ditiru oleh sebagian besar aquascaper yang mengagumi beliau. Salah satu konsep yang paling terkenal dan banyak digunakan yaitu konsep estetika yang dinamakan konsep Jepang wabi-sabi. Konsep ini menonjolkan sebuah kefanaan dan gaya minimalis dari sebuah seni aquascape. Takashi Amano sampai membuat sebuah galeri tentang alam aquarium di Jepang. Disana banyak dipamerkan tanaman alam aquarium yang menarik, yang bisa dipraktekkan oleh para aquascaper. Disana juga diperlihatkan aquarium dari ukuran besar sampai yang kecil yang sangat indah.

Seiring perjalanan sejarah dan waktu maka makin banyak muncul aquascaper lainnya. Salah satu yang terkenal adalah Iwagumi. Iwagumi adalah seorang aquascaper dari Jepang yang juga pintar menata dan mengatur sebuah seni yang cantik pada dunia aquarium. Penempatan batu dan konsep tata letak yang baik oleh Iwagumi menjadi sangat terkenal. Konsep tersebut memang mencerminkan sebuah tradisi dan budaya dari Negara Jepang yang diterapkan pada aquascape. Konsep tersebut juga sudah di dibudidayakan oleh hampir seluruh aquascaper di seluruh dunia.



Aquscape mulai masuk ke Indonesia sekitar tahun 1990-an. Pada tahun 1993 baru aquascape mulai dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Dari Indonesia ada seorang tokoh aquascaper yaitu Pak Benny. Beliau sudah mengembangkan hobinya menjadi usaha yang menguntungkan. Nah sejarah aquascape di Indonesia juga tidak lepas dari perkembangan aquascape di dunia. Sekarang ini makin banyak orang memiliki minat untuk mempunyai aquascape, biar pun tipenya minimalis karena tentunya harus sesuai dengan budget yang dia miliki. Aquascape telah menjadi hobi sebagian masyarakat Indonesia dan sekarang juga sudah banyak bermunculan komunitas-komunitas pecinta aquascape.

Memang sepintas kegiatan atau hobi aquascape terlihat hobi yang mahal, tapi untuk membuat aquascape sebenarnya tidak selalu diperlukan biaya yang mahal. Kita bisa mulai mencoba untuk membuat dan merawat sendiri aquascape kita. Tapi untuk cara membuat sendiri aquascape itu bukan keahlian kami, kalo sekedar merawatnya nah itu kami bisa, karena kami punya aquascape di rumah. Sobat bisa mencoba usaha/bisnis aquascape ini. Melihat dari sejarah aquascape tersebut yang telah melahirkan maestero seni aquascape. Maka untuk dimasa mendatang bisnis berbasis hobi ini masih sangat menguntungkan.

Kembali kerumah kami dan melihat aquascape dengan ikan-ikannya membuat kami rileks dari kepenatan pekerjaan. Seperti yang kami lakukan sedari tadi melihat aquascape yang jernih dengan pemandangan rumput air dan pohonnya serta ikan-ikan yang bermain di gelembung udara buatan. Aduh jadi mengantuk nih sobat. Demikian sejarah singkat dari aquascape kiranya sobat semua terilhami untuk memiliki aquascape maka bisa melihat langsung disini.

Jadi kaya iklan ya he he he........

No comments:

Post a Comment